5 Cara Mencegah Lonjakan Covid-19 Jelang Libur Nataru, Masyarakat Wajib Tahu : Okezone health

KASUS Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, tentu masyarakat perlu waspada agar tidak terpapar Covid-19.

Tak cuma di Tanah Air, beberapa negara tetangga juga mengalami hal serupa. Ada pula lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Malaysia dan Singapura disebabkan oleh menurunnya kekuatan vaksin booster.

Untuk itu, perlu beberapa pencegahan guna menekan angka kasus positif Covid-19 di momen liburan Natal dan Baru ini. Dokter epidemiolog, dr. Dicky Budiman, M.Sc.PH mengatakan masyarakat perlu melakukan beberapa antisipasi untuk mencegah lonjakan angka positif Covid-19 di libur Nataru ini.

“Antisipasi ini akan membantu kita menghadapi lonjakan dari kasus Covid pada saat ini sampai menjelang Nataru nanti,” kata Dicky saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Jumat (15/12/2023).

Beberapa antisipasi itu pun dijabarkan oleh Dicky agar masyarakat bisa lebih waspada mencegah meningkatnya kasus Covid-19 di saat libur Nataru. Berikut langkah mencegah lonjakan Covid-19 jelang libur Natal dan tahun baru.

1. Pastikan Sudah Divaksin Booster


Pertama ialah memastikan anggota keluarga sudah melakukan vaksinasi booster. Dicky mengatakan, vaksinasi ini penting untuk mencegah terjadinya pemburukan dan lonjakan penularan infeksi Covid-19.

“Pastikan kita sudah divaksinasi, dan bila masuk kategori rentan, tentu sangat penting untuk mendapatkan vaksinasi booster,” tutur Dicky.

Dia mengatakan, vaksinasi booster dari program pemerintah pun sudah cukup untuk melindungi imunitas tubuh dari risiko infeksi Covid-19.

“Tidak mesti vaksin booster terkini yang mengadopsi XBB 1.5, dengan vaksin yang ada saat ini dari program pemerintah itu juga bisa efektif menekan keparahan maupun kematian,” katanya.

2. Terapkan 5M

Kemudian kembali gencar menerapkan 5M. Jelang libur Natal dan tahun baru ini, Dicky mengimbau masyarakat untuk tak longgar menerapkan pola mencuci tangan dan memakai masker demi mencegah keparahan Covid-19.

Baca Juga  Dihina Jelek dan Tak Pantas Jadi Istri Adipati Dolken, Canti Tachril Depresi!

“5M-nya penting ya, biasakan memakai masker, usahakan aktivitas di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Ini juga sangat baik agar kita mencegah terdampak Covid-19,” ucap Dicky.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya


3. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan juga jadi anjuran untuk masyarakat di tengah lonjakan kasus Covid-19 ini. Dicky mengatakan menjaga imunitas tubuh menjadi poin utama agar tidak mudah terpapar Covid-19. Salah satu caranya dengan menjaga asupan dan mengonsumsi makanan sehat. Makanan kaya serat juga penting agar pencernaan lancar dan dapat berdampak bagi imunitas tubuh.

“Imunitas itu penting dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat dan gizi seimbang. Makanan-makan dengan probiotik misalnya, ini dapat meningkatkan saluran cerna kita yang juga dalat meningkatkan imunitas,” kata Dicky.

4. Tingkatkan Imun dengan Olahraga

Aktif bergerak juga merupakan cara untuk menjaga imunitas tubuh. Untuk itu, Dicky mengatakan olahraga perlu dilakukan masyarakat untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Olahraga ringan namun rutin pun sangat disarankan untuk membuat tubuh tetap aktif bergerak. Sehingga daya tahan tubuh bisa tetap terjaga.

5. Istirahat yang Cukup

Satu lagi cara menekan lonjakan Covid-19 jelang libur Nataru ini ialah istirahat yang cukup. Bial hendak memiliki banyak kegiatan saat libur Nataru nanti, pastikan kamu sudah melakukan tips di atas dan diiringi dengan istirahat yang cukup.

Mendapat istirahat dan tidur dengan kualitas baik tentu akan berdampak pada imunitas yang menjadi tameng tubuh untuk menjaga diri dari paparan Covid-19.

Baca Juga  Kerap Muncul di Kasus Besar, Ini Sosok Jamin Ginting yang Kini Jadi Saksi Ringankan Mario Dandy

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *