5 Destinasi Wisata Religi Populer untuk Muslim, Hindu dan Buddha di Pulau Jawa : Okezone Travel

PULAU Jawa sebagai pusat kehidupan budaya dan sejarah Indonesia menyajikan beragam destinasi wisata religi yang memikat hati para pengunjung.

Bukan hanya untuk Muslim, tapi ada juga wisata religi untuk non Muslim seperti Hindu, Buddha, Konghucu, dan Kristen.

Berikut adalah daftar beberapa tempat wisata religi yang patut dikunjungi di Pulau Jawa.

Candi Borobudur

Candi megah ini menjadi salah satu situs Buddha terbesar di dunia, yang letaknya ada di Magelang, Jawa Tengah.

 BACA JUGA:

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-9, Borobudur menampilkan arsitektur yang menakjubkan dan ukiran relief yang menceritakan kisah Buddha. Wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang spektakuler di atas candi. Sebagian besar umat Budha biasanya kerap merayakan Waisak di pelataran candi ini.

 

Candi Borobudur

Candi Prambanan

Candi Prambanan ini tak hanya terkenal sebagai landmark ikonik dari Yogyakarta tetapi juga masuk dalam daftar wisata religi bagi masyarakat Hindu.

Sebagai kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia, Prambanan memukau dengan arsitektur yang indah. Candi ini didedikasikan untuk Trimurti, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa. Pertunjukan Sendratari Ramayana di malam hari pada waktu-waktu tertentu juga menambah keunikan pengalaman wisata religi.

 BACA JUGA:

Makam Sunan Kalijaga

Di Demak, tepatnya di Jalan Raden Sahid, Kadilangu, Demak, Jawa Tengah ada destinasi wisata religi berupa makam milik Sunan Kalijaga.

Seperti yang diketahui bahwa Sunan Kalijaga adalah salah satu dari sembilan wali yang membawa agama Islam ke Jawa. Makamnya di Demak menjadi tempat ziarah penting bagi umat Islam. Selain makam, kompleks tersebut juga memiliki masjid dan berbagai fasilitas religi.

 Ilustrasi

Makam Sunan Kalijaga (jatengprov.go.id)

Makam Sunan Gunung Jati

Baca Juga  Brad Binder Takjub dengan Pedro Acosta: Dia Spesial! : Okezone Sports

 

Selanjutnya ada makam dari Sunan Gunung Jati yang ada di Cirebon, Jawa Barat.

Sunan Gunung Jati adalah tokoh penyebar agama Islam di Jawa Barat. Makamnya yang terletak di Astana Gunung Jati Cirebon menawarkan suasana spiritual dan sejarah. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks ini dan mengetahui lebih lanjut tentang warisan Sunan Gunung Jati.


Follow Berita Okezone di Google News


(sal)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *