Ini Cara Cek Status Istithaah Kesehatan Jamaah Haji 2024 : Okezone Haji

CARA mengecek status istithaah kesehatan jamaah haji 2024 bisa melalui aplikasi Haji Pintar. Selain itu, bisa juga diperoleh informasi terkait pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (Bipih) dan lainnya tentang pelaksanaan ibadah haji 1445 H/2024 M.

Untuk memperoleh aplikasi Haji Pintar, para calon jamaah haji 2024 bisa mengunduhnya melalui layanan PlayStore.

“Tahun ini memenuhi syarat istithaah kesehatan menjadi salah satu persyaratan bagi jamaah yang masuk alokasi kuota keberangkatan untuk melunasi Bipih. Status istithaah jamaah haji yang sudah periksa kesehatan dapat dicek melalui aplikasi Haji Pintar,” ucap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Kota Banjarmasin Zainal Muttaqin beberapa waktu lalu.

Ia menerangkan, cara menggunakan aplikasi Haji Pintar sangat mudah, yakni melalui menu informasi jamaah haji. Selanjutnya pilih menu informasi pelunasan dan masukkan nomor porsi, maka akan keluar status istithaah kesehatan, apakah sudah atau belum.

“Apabila sudah istithaah, maka jamaah haji dapat melakukan pembayaran Bipih pada Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih yang sama dengan setoran awal atau BPS Bipih pengganti. Apabila belum istithaah, maka jamaah haji dapat menanyakannya dulu ke Dinas Kesehatan setempat untuk memastikan penyebabnya,” jelasnya, dikutip dari Haji.kemenag.go.id



Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Dia menerangkan, terkait pelunasan Bipih yang mensyaratkan adanya istithaah kesehatan, telah diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 83 Tahun 2024 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembayaran Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Reguler Tahun 1445 H/2024 M.

Baca Juga  Jelang Juventus vs Salernitana, Massimiliano Allegri Khawatirkan I Granata yang Tengah Naik Daun : Okezone Bola

Pelunasan Bipih 1445 tahap pertama dibuka 10 Januari hingga 12 Februari 2024. Tahap pertama ini diperuntukkan bagi (a) Jamaah haji masuk alokasi kuota keberangkatan pada musim haji tahun berjalan, (b) Prioritas jamaah haji reguler lanjut usia, (c) Jamaah haji reguler cadangan.

“Saya mengimbau jamaah untuk segera melakukan pelunasan. Untuk besaran Bipih jamaah haji 1445 H/2024 M Embarkasi Banjarmasin sebesar Rp56.471.105,00. Besaran Bipih jamaah haji ini digunakan untuk biaya penerbangan haji, akomodasi Makkah, sebagian biaya akomodasi Madinah, biaya hidup (living cost), dan visa,” paparnya.

Berikut ini mekanisme pelunasan ibadah haji reguler:

1. Jamaah haji melakukan pembayaran Bipih pada Bank Penerima Setoran (BPS) Bipih yang sama dengan setoran awal atau BPS Bipih pengganti.

2. Pembayaran Bipih jamaah haji adalah sebesar besaran Bipih per embarkasi dikurangi setoran awal Bipih dan virtual account dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

3. Jamaah haji yang telah melakukan pembayaran Bipih melapor ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota. 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *