Mahasiswa Jadi Pengusaha Kuliner, Bisnis Sambal hingga Nasi : Okezone Edukasi

Berita21 Dilihat

 

BANDUNG – Lulusan jurusan pariwisata tidak melulu harus bekerja di hotel atau kapal pesiar. Mereka juga ingin menjadi wirausahawan.

Salah satunya disuarakan mahasiswa Poltekpar NHI Bandung. Mereka unjuk gigi memamerkan hasil kreativitas mereka di ajang Enhaii Makerspace and Marketplace (EIMM) 2023.

 BACA JUGA:

Salah satu mahasiswa, Kiki Nugraha, melihat seperti apa bisnis yang digeluti teman-temannya di kampus. Awalnya, Kiki mengawali bisnis kuliner tersebut dari sambal kemasan. Kemudian, dia merasa tertantang untuk mencari produk yang bisa dimakan dan dikombinasikan dengan sambalnya.

“Jadi pengin ikutan lihat teman-teman pada punya bisnis, kayaknya saya bisa deh kayak mereka. Akhirnya mutusin coba aja dulu,” ujar Kiki.

 BACA JUGA:

“Saya pengin cari produk yang bisa dimakan dan dikombinasikan sama sambalnya itu, jadi ketemu nih produknya ada nasi kulit, pedas-pedasan, ada telur spesial juga,” kata Kiki

“Dalam bazar internal ini mahasiswa Poltekpar NHI mendemonstrasikan kemampuannya dalam berwirausaha,” kata Fitra, di Kampus Poltekpar NHI Bandung, dikutip Kamis (26/10/2023).

Menurut Koordinator Kemitraan Eksternal Unit Enhaiipreneur Center Polkterpar NHI, Fitra Sujawoto, EIMM 2023 boleh dibilang sebagai bazar internal kampus. Fitra mengatakan, Poltekpar NHI didorong menjadi tourism entrepreneur campus dengan target lulusan 30 persen wirausaha setiap tahunnya. Lewat EIMM 2023, lanjut Fitra, pihaknya mengawinkan intrakurikuler yang diperoleh mahasiswa lewat kuliah, dengan ekstrakurikuler seperti bazar, inkubasi bisnis reguler, akselerasi bisnis untuk aspek legal, dan lain sebagainya.

“Nah menyatukan keduanya ini kami sebut sebagai integrated entrepreneurship learning, bagaimana mengawinkan dua hal tadi intrakurikuler dan ekstrakurikuler,” jelas Fitra.


Follow Berita Okezone di Google News


Baca Juga  Gaji Pensiunan PNS dan TNI/Polri Juga Naik 14% di 2024

Uniknya, lanjut dia, di Poltekpar NHI Bandung ada seleksi masuk melalui jalur wirausaha. Pada jalur tersebut, kata Fitra, mahasiswa mengikuti seleksi profil usaha bisnis. Untuk syarat kelulusan, mahasiswa bisa mengambil tugas akhir business plan.

“Jadi awal masuk mahasiswa sudah membuat profil bisnis, kemudian pertengahan mengikuti kegiatan ini (bazar), dan di akhir mereka bisa memilih mengambil skripsi atau business plan,” kata Fitra.

 BACA JUGA:

Lebih lanjut Fitra mengatakan, EIMM 2023 diikuti oleh 30 mahasiswa. Selain Poltekpar NHI Bandung, kata dia, peserta yang terlibat juga berasal dari Poltekpar Palembang, Medan, dan Lombok.

“Sebelum ikut bazar ini, ada seleksi profil usaha. Tidak peduli mereka angkatan awal atau angkatan akhir silakan saja, mereka bisa mengikuti bazar ini,” ujar Fitra.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *