Mengapa Banyak Ikan Mas di Ranu Kumbolo Gunung Semeru? : Okezone Nasional

GUNUNG Semeru di Jawa Timur bukan hanya terkenal dengan keindahannya, tapi juga beragam cerita legenda dan mitos-mitos menyelimuti gunung tertinggi di Pulau Jawa ini. Salah satu destinasi cantik di Semeru adalah Ranu Kumbolo, danau indah yang masyhur ikan mas.




Ranu Kumobolo dianggap suci oleh warga lokal dan jadi lokasi ritual adat keagamaan selama berabad-abad. Ada sederet larangan di Ranu Kumbolo seperti tidak boleh mandi, mencuci, bahkan memancing atau menangkan ikan mas. Mereka dipercaya sebagai dewi yang dipercaya sebagai ikan mas.

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang dipercaya sebagai pakunya Pulau Jawa. Puncak Semeru atau Mahameru dalam cerita legenda disebutkan dibawa oleh para dewa.

 BACA JUGA:

Ranu Kumbolo yang terletak di ketinggian 2.389 MDPL diyakini dijaga oleh ikan mas titisan dewi. Konon juga danau tersebut dihuni oleh dewi cantik berkebaya kuning.

Asal-usul Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo secara geologis terbentuk karena massive kawah Gunung Jambangan yang telah memadat sehingga airnya tertampung di situ dan tak mengalir ke bawah.

 

Ranu Kumbolo (Dok Okezone.com)

Tapi, dalam cerita legenda disebutkan bahwa Ranu Kumobolo tercipta berawal dari kisah sepasang suami-istri yang saat itu sedang menanti kelahiran anak. Sang istri yang lagi hamil ngidam ingin makan ikan.

Suami pun pergi memancing lalu mendapat ikan mas besar. Anehnya ikan itu bisa bicara “Tuan, Aku ini ikan ajaib, maukah kau merawatku?”.

 BACA JUGA:

Ikan mas itu kemudian disimpang dalam gentong air di dapur rumahnya. Ketika sang suami pergi ke pasar, istrinya sempat membuka gentong tersebut untuk mengambil air minum. Namun dia terkejut melihat ada ikan mas di dalamnya. Karena lapar, sang istri pun memakan ikan mas itu.

Baca Juga  5 Cara Menyembuhkan Luka Lebih Cepat Tanpa Obat, Gunakan Lidah Buaya hingga Bawang Putih : Okezone health

Saat kembali, suami terkejut karena ikannya tinggal kepala dan tulang saja di atas piring. Seketika dia marah besar kepada istrinya. Dia pun bercerita ke istrinya kalau ikan mas itu ajaib. Sang istri sangat menyesal dan berkali-kali mohon ampun ke suaminya.

 Ilustrasi

Gunung Semeru

Pada malamnya, sang suami bermimpi bertemu dengan ikan mas itu lagi dan dia bicara bahwa kalau istrinya akan melahirkan seorang anak dengan tubuh bersisik.

Mimpi itu pun menjadi kenyataan, istrinya melahirkan bayi laki-laki yang penuh sisik di tubuhnya. Mereka memberi nama Kumbolo. Ayah ibunya sedih karena Kumbolo sering dihina dan dikucilkan teman-temannya.

Suatu malam ibu Kumbolo bermimpi bertemu dengan ikan mas, “Anakmu Kumbolo suruh pergi ke puncak Gunung Semeru. Carilah mutiara pelangi untuk menghilangkan sisik di tubuhnya.”

Keesokannya, Kumbolo pun pergi ke puncak Gunung Semeru dengan susah payah dan ia mendapatkan mutiara pelangi.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Di perjalanan pulang, mutiara tersebut jatuh ke tanah membentuk cerukan besar seperti danau dan mengeluarkan air. Kumbolo pun tenggelam di dalamnya, tapi dia bergegas berenang ke daratan. Namun, sampai ke daratan dia kaget melihat sisik di tubuhnya sudah hilang.

Dari kisah inilah danau itu pun dinamakan Ranu Kumbolo.

 Ilustrasi

Ranu Kumbolo konon dijaga oleh dewi yang menjelma sebagai ikan mas. Dewi sang penjaga Ranu Kumbolo disebut-sebut bisa muncul saat bulan purnama mengenakan kebaya kuning yang anggun. Kemunculannya ditandai dengan kepulan asap.

Baca Juga  Piawai Sampaikan Gagasan saat Debat, Ganjar-Mahfud Diprediksi Unggul di Bandung Barat : Okezone News

Karena diyakini sebagai penjaga, maka ada larangan memancing dan menangkap ikan mas Ranu Kumbolo. Itu pula yang membuat ikan mas terus bertambah banyak di Danau Kumbolo.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *