Musim Hujan, Jangan Salah Pilih Jas Hujan saat Berkendara : Okezone Otomotif

JAKARTA – Di tengah musim hujan seperti saat ini, pengendara sepeda motor wajib mempersiapkan perlengkapan berkendara. Jas hujan menjadi perlengkapan salah satu perlengkapan yang wajib disiapkan pemotor.

Namun, pengendara sepeda motor harus memilih jas hujan yang tepat agar terhindar dari risiko akibat penggunaan yang tak benar. Hal itu sebagaimana diungkapkan Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati, Agus Sani.


“Kalau menilik pada kondisi, tentu hujan bukan hal yang bisa disepelakan. Kita tahu bahwa seringkali pengendara motor jika tidak berhati-hati bisa sebabkan kecelakaan ringan bahkan sampai merenggut korban jiwa, maka supaya tetap aman pada saat hujan turun, sebaiknya langsung mencari tempat yang aman untuk menggunakan jas hujan,” ujar Agus dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (13/1/2024).

Untuk pengendara yang memilih melanjutkan perjalanan saat hujan menerjang, berikut beberapa jenis jas hujan yang sering digunakan :

1. Jas Hujan Ponco

Jas hujan ini sudah sangat familiar. Bentuk jas hujan ini layaknya jubah. Ciri khas jas hujan ini adalah bagian samping tidak tertutup dan ukurannya relatif besar, memungkinkan pengendara punya ruang gerak luas.

Namun, jas hujan ponco kurang direkomendasikan. Pasalnya, posisi badan tidak tertutup full saat menggunakan jas hujan ponco. Selain itu, saat tertiup angin, jas hujan ponco bisa membahayakan pengendara.

Bahaya lain yang dapat mengintai adalah jas hujan tersangkut di bagian gear atau rantai. Hal ini dapat mengakibatkan kecelakaan fatal.


Follow Berita Okezone di Google News


Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di
ORION, daftar sekarang dengan
klik disini
dan nantikan kejutan menarik lainnya

Baca Juga  Happy Asmara Dianggap Beruntung Batal Nikah? Denny Caknan Pernah Doyan Main Judi, hingga Utang Rp50 Juta: Saya Stress...

2. Jas Hujan Setelan

Sesuai namanya, jas hujan ini terdiri atas atasan dan bawahan. Jenis ini menutup seluruh bagian tubuh pengendara sepeda motor sehingga lebih aman dan nyaman karena mengikuti bentuk tubuh.

Biasanya jenis yang satu ini dilengkapi fitur keselamatan dengan garis scotlight yang bisa menyala saat gelap atau malam hari. Jadi, akan lebih mudah saat tersorot lampu dari pengendara di belakang ataupun lampu jalan.

Jenis jas hujan direkomendasikan untuk pengendara motor. Selain karena bagian badan dan kaki terlindungi, ruang gerak pengendara tidak terganggu saat memacu motornya.

“Saat ini banyak berseliweran jas hujan yang dijual di pasaran, tetapi jangan hanya berpatokan pada fashion, perhatikan juga keamanannya. Pasti jas hujan setelan itu yang paling pas, bagian badan tertutup full kemudian terlindungi, cocok buat berkendara,” kata Agus.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *